Grand Desain Dibutuhkan untuk Menyukseskan Pemilu 2024

Jakarta, LP3MI.ORG --  Pemerintah dan DPR diminta membantu penyelenggara pemilihan umum (pemilu) menyusun desain Pemilu 2024. Penyelenggaraan pesta demokrasi nasional dinilai cukup kompleks.

"Itu (grand design Pemilu 2024) sangat penting. Political will dari pemerintah dan DPR untuk memastikan membangun public trust," kata Sekretaris Jenderal Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Kaka Suminta saat dihubungi, Selasa, 7 September 2021.

Menurut dia, permasalahan kepercayaan publik bisa diselesaikan dengan baik. Asal, setiap tahapan dilakukan secara transparan dan independen.

"Mempersiapkan semuanya lebih independen dan memilirkan pemilu yang berintegritas ini akan ditangkap publik," ungkap Kaka.

Grand design juga dibutuhkan meningkatkan kolaborasi seluruh pihak terkait di Pemilu 2024. Pihak terkait itu ialah penyelenggara, pemerintah, partai politik, dan masyarakat.

Menurut Kaka, masing-masing pihak tidak bisa berjalan sendiri menciptakan pesta demokrasi yang berintegritas. Penyelenggara dan pemerintah membutuhkan peran partai politik dan masyarakat. 

"Tapi pertanyaannya siapa yang mampu membangun kolaborasi? Tentunya pemerintah dan penyelenggara pemilu yang bisa membangun kolaborasi, bisa menjadi lokomotif membangun kolaborasi ini," sebut Kaka.

Selain itu, hal lain yang harus dipersiapkan dalam grand design Pemilu 2024 terkait anggaran. Sumber pendanaan harus dipersiapkan dari sekarang.

"Apalagi kita sedang mengalami pandemi, anggaran pusat dan daerah pusat juga saya pikir perlu kehati-hatian dan pertimbangan matang dalam merencanakan," ujar Kaka.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top